Selasa, 09 Februari 2016

#TeamNgeTripDadakan Kawah Wurung



Halo! Apakabar? Saya dateng lagi nih, berhubung liburan ini saya isi dengan magang hore di Kantor Pertanahan Jember, dan lumayan bisa menggunakan akses internet kantor yang lumayan, di sela-sela kesibukan kantor saya biasanya suka blogwalking ke blog macem-macem. Mulai dari blog temen sendiri, blog selebgram, sampe blog traveler yang kece kece. Kemudian saya kembali terjangkit virus rindu ngeblog hahaha yauda mumpung siang ini kerjaan udah kelar, saya nulis blog lagi deh. Postingan kali ini tentang perjalanan saya ke Kawah Wurung pas tanggal 7 Januari 2015 lalu (late post level  251451254 hihihi)

Perjalanan ke Kawah Wurung ini, saya ditemenin sama sepupu saya, namanya Bagus. hmm kita ini termasuk #TeamNgetripDadakan so, sukanya tiba tiba aja ngetrip. Saya sama Bagus ini umurnya cuma selisih 1 tahun, jadi ya gitu sebagai sepupu kita lumayan deket. Ditambah lagi dia juga suka travelling sama seperti saya, jadi diputuskanlah kita buat ngetrip bareng. Ini trip perdana saya loh bareng sama dia!

Perjalanan kita dimulai jam 8 pagi, Bagus jemput saya dirumah, kemudian kita langsung cus menuju Kawah Wurung di daerah Bondowoso. Perjalanan menuju kota Bondowoso sekitar 1 jam, tapi bisa lebih cepet sih tergantung kecepatan kendaraan aja hehe. Setelah sampe Kota Bondowoso, terus ambil arah menuju wisata Kawah Ijen. Kalo kalian bingung, bisa tanya warga sekitar atau pun kalian tinggal ikutin aja petunjuk jalan. Banyak banget petunjuk jalan menuju wisata Kawah Ijen. Sejujurnya saya sama Bagus juga gak ngerti Kawah Wurung itu di sebelah mananya Kawah Ijen hahah kita mah modal nekat aja sama baca-baca di artikel yang kita cari di internet. Karena Bagus pernah ke Kawah Ijen, jadi ya perjalanan kita mulus tanpa kendala sampe ke kawasan Kawah Ijen. 

Kita berhenti di pos pertama sebelum masuk Paltuding, abis ngisi buku tamu, saya kemudian nanya sama bapak yang jaga pos, arah untuk bisa ke Kawah Wurung. Kemudian sama beliaunya dikasih tau, abis dari pos itu kita harus lurus terus sampe ketemu Sekolah Dasar terus belok kanan, terus tinggal ikutin jalan aja sampe ketemu Guest House Jampit, dan setelah Guest House itu ada plang penunjuk arah menuju Kawah Wurung. Sebenernya di pos pertama ini, juga semacam rest area yang ada tempat duduknya dan ada beberapa yang jualan makanan, terus kita bisa liat pemandangan Gunung Ijen sama Kawah Wurung dari kejauhan. 

 pemandangan dari pos, seger ya. bisa keliatan gunung ijennya

 sepanjang perjalanan pemandangannya kaya gini, berasa di luar negri tapi masih di Indonesia. luvluvluv

Abis dikasih tau arahnya, saya sama Bagus langsung lanjut jalan. Setelah nemuin Sekolah Dasar, saya sempet turun dari motor dan nanya sama ibu ibu yang ada di depan SD. Sialnya, ibu itu jelasinnya pake bahasa Madura yang saya ga ngerti-ngerti amat haha. Pokok intinya, jalan kita udah bener dan tinggal lurus aja masuk perkebunan katanya. Masuk perkebunanya sekitar 10km (ini masih berdasarkan kata ibu ibu tadi haha) okelah, kita pun masuk perkebunan. hm 10 menit awal jalannya masih oke. masih bisa ketawa-ketiwi. Kemudian makin kedalam jalannya makin gak kece. Batu-batunya lumayan banyak, dan kanan kiri cuma taneman aja. Saya juga gak paham itu taneman apa, sepertinya kopi haha. sepanjang perjalanan kita sama sekali gak ketemu wisatawan lain, malah seringkali ketemunya sama pekerja perkebunan. Perjalanan melewati perkebunan itu lumayan lama, sekitar sejaman kayanya. Terus tiap ketemu orang saya selalu nyempetin nanya apa jalan kita udah bener kalo mau ke Kawah Wurung. Dan untungnya bener, soalnya emang jalannya tinggal lurus aja sampe nemu Guest House Jampit.  Akhirnya setelah sejaman lebih di dalam perkebunan dan episode hamper jatuh dari motor gara2 di jalan banyak batu gede ditambah lagi episodeharus seringkali turun dari motor soalnya jalannya nanjak,  kita sampe juga di Guest House Jampit. Berikut penampakannya (gak sempet motret pake kamera sendiri, soalnya kita pengen cepet-cepet nyampe Kawah Wurungnya aja hihihi)

 
foto-able banget sih sebenernya guest house ini...ya kan ya kan? lain kali mau banget deh main kesini lagik!

Abis dari Guest House Jampit itu, ternyata udah ada plang petunjuk arah ke Kawah Wurung. Jadi ya kita ikutin ajalah, jalannya sih masih oke. Banyak rumput dan pohon-pohon gitu. Terus setelah jalan gak gitu lama, kita ketemu sama semacam bukit dan gundukan yang luamayan tinggi gitu, yang ijo-ijo banget. Terus dengan sotoynya saya bilang sama Bagus “eh kayanya udah nyampe deh kita, ini loh kan kaya yang kita baca di internet kan? udah ijo-ijo banget gini. kayanya ini deh Kawah Wurungnya” terus bagus sambil nyetir bilang gini “ah mbak masa ini sih? aku gak yakin, kita ikutin jalan terus aja ya, tar kalo emang mentok ga nemu Kawah Wurung, berarti ya ini, tar kita balik terus kita foto-foto disini ajalah” wkwkwk percakapan yang agak gimana gitu ya, soalnya emang sepanjang perjalanan itu kita gak ketemu orang sama sekali yang tujuannya sama kaya kita. di internet juga gak gitu banyak yang nampilin foto Kawah Wurung, karena emang pas itu belum hitz banget kaya sekarang. 

 ini nih bukit yang saya kira kawah wurung haha ijonya keterlaluan ya, bikin pengen perosotan dari atas


Kemudian kita lanjutin jalan, dan gak gitu jauh dari situ, AKHIRNYA KETEMU JUGA KAWAH WURUNGNYA YEYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYY!!!! Pas pertama nyampe,hampir gak kedip sih. Speechless dan cuma bengong. Bagus banget soalnya! Jadi kita berdiri di atas, terus dibawah kita itu kawah yang gak ada isinya. Kalo kalian pernah ke kawah ijen, kan isinya belerang tuh. Nah di Kawah Wurung ini, isinya semacam sabana yang rumputnya ijo banget! seger! ntapppppppp! bikin pengen guling guling emessshhh disana!





Abis kegirangan bentar, kita terus lanjut naik ke atas dikit. Jadi kaya ada semacam dataran yang lebih tinggi gitu. Ya mumpung udah nyampe, gak ada salahnya kan explore. Ternyata di atas sana, bisa lebih bagus sih ngeliat Kawah Wurungnya. Terus di sebelah kanan kita juga pemandangannya bagus, ala ala bromo gitu deh.

ini saya sukanya nge-candid-in Bagus, soalnya dia masih malu malu kalo disuruh foto haha

 kalo di sebelah kiri kita Kawah Wurung, terus sebelah kanan kita bisa liat view kaya gini

Ohya, pas kesana emang Kawah Wurung ini masih belum se-hitz sekarang, jadi gak ada tuh yang namanya tukang parkir yang jagain motor. Karena kita penasaran banget pengen ke bawah (masuk ke kawahnya) jadinya kita tinggalin aja motor diatas haha cuma dikunci biasa doang. Tapi untuk bisa turun kebawah, gak harus "ngglundung" kok, jadi pas saya kesana itu udah kaya ada semacam jalan gitu. Jalannya menurun banget, dan pas pulangnya lumayan ngos-ngosan parah untuk nyampe atas lagi. Tapi sebanding sama hasil yang kita dapet! 

 yey! sejauh mata memandang ijo semua!


 
mukanya udah sumringah dan mau di foto, gausa candid2 lagik hehehe


Setelah puas menikmati Kawah Wurung, kita memutuskan untuk segera pulang. Soalnya udah agak mendung-mendung gitu. Jalan pulang kita lalui dengan lebih selo sih daripada berangkatnya dan banyak berhenti tiap nemu tempat epic buat foto-foto haha. Maklum, udah gak seambisius pas berangkat yang tujuan utamanya nyari Kawah Wurung.




Jadi itulah sedikit cerita saya waktu trip ke Kawah Wurung, buat yang ngiler dan pengen kesini juga, boleh banget kalo pengen tau detail jalannya bisa private message saya, tinggal komen aja di post ini ya! Sampai ketemu di cerita trip selanjutnya!

*ps  post ini ditulis dan di publish di sela-sela kesibukan magang, doakan semoga rasa rindu nge-blog dan mendadak semangat nulis yang saya derita selama magang tetap berlanjut walaupun magangnya udah kelar xixixix


2 komentar: